WASPADA PENIPUAN BERKEDOK HADIAH VIA SMS

Alhamdulillah... Hampir saja saya kena tipu...

Hari selasa kemarin saya mendapatkan sms yang isinya Selamat sim card Anda mendapatkan hadiah sebesar 15 juta rupiah dari KuKuBima ENER-G! untuk info silahkan hub PT. SIDOMUNCUL 021 27158416. Biasanya saya abaikan sms-sms seperti itu tetapi saya heran karena no pengirimnya bukan berupa angka tapi tulisan SID@MUNCUL, kata ibu saya "coba aja hubungi buat mastiinnya." Ya sudah saya telpon no yang ada di sms tersebut.

Setelah tersambung orang yang saya telpon ini menanyakan nama dan no hp saya, setelah saya kasih tahu lalu dia bilang "Selamat pak Anda merupakan salah satu dari 15 orang yang mendapatkan hadiah sebesar 15 juta rupiah dari PT. Sidomuncul yang bekerja sama dengan semua provider yaitu Indosat, Simpati, dan XL yang disiarkan langsung di Global TV pada hari senin jam 7 malam.



Karena hari itu saya lagi berada di bandara Soekarno-Hatta karena ada perlu dan ibu saya tidak menonton Global TV pada hari itu, saya sempat percaya. Lalu dia meminta no rekening bank saya, ya sudah saya kasih tahu saja, setelah beberapa saat kemudian orang itu bilang "selamat pak Qisthi uang hadiahnya sudah ditransfer ke rekening bapak silahkan bapak cek saldo bapak kapan saja."

Saya kaget, "lho sudah dikirim?" tanya saya, "sudah pak" kata dia. Tapi saya masih penasaran, saya tes aja "ada syarat-syaratnya ga pak?" tanya saya, "tidak ada syarat apapun pak dan juga pajak hadiah ditanggung kami jika bapak merasa ini penipuan silahkan adukan kami kepada yang berwajib," tegasnya.

Wah saya girang donk dapat 15 jeti hari gini siapa yang ga seneng coba, lalu saya mengucapkan "terima kasih banyak pak," lalu kata dia "nanti pak Qisthi setelah di ATM sebelum bapak cek saldo, bapak hubungi dulu bendahara utama Sidomuncul untuk memberikan no registrasi pengaktifan transfer hadiahnya pak, baru setelah itu uang hadiahnya terkirim ke rekening bapak dan setelah itu silahkan cek saldo bapak ini saya kasih no telponnya 021 28884756," karena saya sudah senang saya tidak berpikiran apa-apa lagi.

Tetapi ibu saya bingung, "kenapa harus telpon dulu? kalo mau cek saldo ya cek aja, trus kenapa harus dapat no registrasi pengaktifan transfer dulu? kalo mau transfer ya transfer aja. Coba kamu tanya call center Indosat dan Sidomuncul, tanya di 108," ujar ibu saya.

Baru di situ saya ngeh, "iya ya." Ya sudah saya telpon no call center Indosat dan Sidomuncul yang saya dapat dari 108. "Maaf pak Indosat tidak pernah kerja sama dengan PT. Sidomuncul dan memberikan hadiah, kalaupun benar Indosat pasti akan menelpon bapak bukan lewat sms dan juga nanti bapak akan disuruh ke gerai-gerai Indosat terdekat untuk mengambil hadiahnya, abaikan saja pak itu penipuan," terang operator Indosat. Dan juga operator Sidomuncul pun berkata demikian.

Alhamdulillah... Untung ibu saya sigap kalau tidak saya mungkin sudah digiring dan isi rekening bisa ludes ditipu sama orang tadi. Jadi hati-hati ya guys gals jika dapat sms-sms seperti itu meskipun pengirimnya bukan no telpon tapi berupa tulisan kita tetap harus waspada, zaman sekarang cara orang untuk menipu sudah semakin canggih. So be carefull ya...

BhoQist BhoSky

Comments

  1. thanks bro.....
    aq jg hampir kna hri ini tpatnya tgl 7 Juli 2011, sama persis apa yg kamu alami. uniknya dia mnta qt msuk ke dalam bahasa inggris, untungnya aq sudh sring transfer jdi tau langkh'' transfer it. makanya aq heran, jd aq langsung batal kan saja....
    alhmdullh.......

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah...
    Untung mas Marno sigap ya... klo ga bisa digiring trus smp ludes isi rekening...

    ReplyDelete

Post a Comment