ETIKA BERKIRIM EMAIL

Dengan semakin berkembangnya teknologi, cara berkomunikasi pun semakin canggih. Salah satunya yaitu email, yang menjadi cara berkomunikasi yang paling efektif. Bagaimanapun penggunaan email bukannya tanpa batas dan harus digunakan secara pantas.


Sumber : Clip Art, Microsoft Office Word 2007


Berikut etiket dalam berkirim email:


1. Jika Anda punya account email kantor, hanya gunakan untuk pesan-pesan yang berhubungan dengan urusan kerja. Hindari menggunakan email kantor untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan terutama urusan pribadi yang berhubungan dengan pencarian kerja. Menggunakan email kantor untuk urusan pribadi adalah salah satu bentuk pencurian. Beberapa perusahaan seringkali mengecek penggunaan email kantor pada karyawannya.

2. Jangan terlalu banyak menggunakan emoticon. Beberapa orang memang menyukainya, namun ada juga yang tidak menyukai. Batasi penggunaannya sampai Anda benar-benar tahu karakter pembaca email Anda.

3. Gunakan bahasa yang formal dalam mengirim pesan. Meski email dirasa kurang formal dibanding dengan surat yang konvensional, Anda harus tetap memperhatikan tata bahasa yang baku saat mengirim surat atau dokumen untuk urusan pekerjaan.

4. Jangan mengirim spam. Tidak ada seorang pun yang menyukai spam. Jika Anda mengirim spam, Anda bisa kehilangan kredibilitas profesionalisme Anda dan bahkan klien. Jangan menjadi salah satu pengirim spam yang bisa menghambat pengguna jaringan internet.

5. Buat catatan tentang surat-surat Anda. Buat file terpisah di hard copy. Anda tidak pernah tahu, masalah bisa terjadi kapan saja. Jadi siapkan diri Anda.

6. Hargai pilihan orang lain dalam berkomunikasi. Sebagian orang ada yang suka berkomunikasi dengan email. Namun, ada pula yang tidak.

7. Gunakan kolom ‘subject’ secara bijaksana. Beri judul atau referensi tentang topic pesan pada kolom ‘subject’ di format email Anda.

8. Balas email tepat waktu. Beberapa orang lebih santai dalam membalas email dibanding bentuk korespondensi lainnya, jadi hati-hati jika pengirim menginginkan sebaliknya.

9. Batasi pesan anda hingga satu layar saja jika memungkinkan. Pesan yang singkat dan padat akan menghemat waktu pembaca.

10. Gunakan program anti virus untuk menyaring email. Meski kontak dari orang-orang yang kita kenal, karena bisa saja membawa virus yang bisa merusak komputer, dan mungkin secara tidak sadar Anda pun mentransfer email itu ke orang lain. Untuk jaga-jaga, cek email yang baru masuk sebelum Anda membacanya.


Sumber :
Karirplus, No.2/vol.1/desember 2004

Comments