FRENCH KISS BAHAYAKAN KESEHATAN

Sumber: http://lovestruckguru.com/dating-tips/when-should-you-have-your-first-kiss/

Siapa tak kenal gaya berciuman ala french kiss, yang kerap muncul dalam adegan di film-film Hollywood. Ciuman model ini yang dalam dan melibatkan lidah serta bibir secara intens memang tak asing lagi dilakukan, terutama oleh kaum muda modern.

Jika Anda sering melakukannya, sebaiknya berhati-hati, karena ternyata ada bahaya mengintai. Dalam french kiss, lidah adalah organ yang paling berperan. Padahal lidah memiliki permukaan yang dipenuhi bakteri yang bisa dengan mudah berpindah induk semang.


Berdasarkan sebuah hasil studio di Australia, french kiss beresiko menularkan berbagai jenis penyakit, apalagi jika dilakukan dengan orang yang tidak diketahui riwayat penyakitnya. Salah satu penyakit berbahaya yang dapat ditularkan adalah meningitis, yang disebabkan oleh bakteri meningococcal.

Sumber: http://www.landoflove.net/

Meningitis adalah infeksi pada bagian selaput otak dan syaraf tulang belakang. Resiko ini diungkapkan oleh Profesor Robert Booy, wakil direktur pada sebuah pusat penelitian di Sydney, Australia. "Berciuman dengan lidah, berpotensi tinggi menyebabkan terjadinya penyebaran bakteri meningococcal, khususnya bagi orang yang gemar berganti-ganti pasangan," papar Booy.

Penyakit meningitis ditularkan melalui udara, misalnya melalui bersin, batuk, ciuman, dan hidup dalam satu ruangan. Gejala awalnya seperti flu, yakni demam, sakit kepala, leher kaku, dan nafsu makan hilang. Seringkali orang meremehkan gejala ini karena mengira sedang terserang flu biasa. Padahal, jika tidak segera ditangani, meningitis dapat menyebabkan kematian. Sekitar 5-10 persen pasien akhirnya meninggal dunia karena penyakit ini, hanya dalam kurun waktu 24-48 jam setelah timbul gejala awal.

Meningitis paling banyak menyerang anak-anak dan remaja. Booy dan timnya mengadakan riset dengan meneliti 144 remaja Inggris berusia 15-19 tahun yang menderita penyakit tersebut. Tercatat dua faktor perilaku yang "mengundang" masuknya bakteri meningococcal. Pertama, gemar berpesta, karena bakteri ini bisa menyebar dari batuk para perokok. Kedua, gemar berganti-ganti pasangan. Dengan demikian, Booy menemukan bahwa french kiss antara seseorang yang sehat dengan penderita meningitis adalah salah satu penyebab penularan penyakit tersebut.

Sumber: http://unik247.blogspot.com/2011/11/inilah-20-macam-jenis-ciuman.html

Selain meningitis, french kiss juga berpotensi menularkan sejumlah penyakit lain, di antaranya sakit tenggorokan dan gondok. Ia juga bisa menularkan infeksi cytomegalovirus, yang disebabkan virus dari keluarga herpes. Orang yang terinfeksi virus ini mengalami demam, pembengkakan kelenjar getah bening dan merasa lelah terus-menerus.

Nah, dengan menyadari bahayanya french kiss, sebaiknya berpikir ulang jika ingin berciuman. Setidaknya, ciuman dilakukan bersama dengan orang yang sehat. Dan tentunya setia terhadap pasangan kita sendiri, bukannya berganti-ganti orang.

Sumber:
3636 Livestyle - Edisi 03 April 2006

Comments