5 HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN DAN DILAKUKAN OLEH "NETWORK BUILDER"

Apabila Anda seorang Network Builder, ada 5 hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan agar perkembangan bisnis Anda pesat.

1. Melakukan Pendekatan (Approach)
Seorang Network Builder harus "ulet dan konsisten" dalam melakukan pendekatan kepada prospek/calon downline (DL). Apabila pendekatan pada seseorang belum berhasil dilakukan pada kali pertama jangan pernah menyerah. Ulangi kembali pendekatan tersebut dan tidak hanya dilakukan melalui telepon saja, namun perlu dilakukan "kontak langsung" yang terus menerus. Dalam hal ini Anda perlu pula memberikan/meminjamkan brosur, majalah, buku serta alat bantu lainnya seperti VCD maupun database pemasaran produk bisnis Anda. Pengulangan pendekatan dianjurkan tidak lebih dari 2 x 24 jam.


2. Visi dan Misi, Bukan Hanya Mimpi
Sebagian besar Network Builder hanya menjual mimpi, bukan menjual visi dan misi dari masa depan bisnis yang digeluti. Perkenalkan kepada mereka produk yang Anda pasarkan, jelaskan manfaatnya bagi mereka. Perkenalkan pula sistem kompensasi yang akan mereka dapatkan yang berkaitan dengan produk yang mereka pasarkan. Produk yang Anda tawarkan adalah produk yang bagus, yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat.
Produk kesehatan yang dikonsumsi memiliki prospek yang lebih baik dibandingkan dengan produk "fashionable", karena manusia sejak masih dalam rahim hingga usia tua ingin selalu terjaga kesehatannya. Anda harus memiliki keyakinan yang tinggi bahwa produk Anda tidak bisa disubstitusikan oleh produk lain. Kompensasi yang didapat atau marketing plan yang dijelaskan adalah yang terbaik "bukan hanya sekedar mimpi dan janji". Dalam hal ini Anda menyampaikan dengan sejujur-jujurnya dan penuh ketulusan.

3. Perhatikan Persediaan/Stok barang
Sebaik apapun marketing plan dari sebuah network marketing dan sebaik apapun produknya menjadi tidak berarti apabila tidak ditunjang oleh persediaan produk yang cukup. Apalagi bila produk sulit untuk didapat akan membuat perkembangan bisnis Anda terancam.
Kepuasan para konsumen harus selalu terjaga, jangan sekali-kali mengecewakan mereka. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, alangkah baiknya bila seorang Network Builder yang ingin memperluas jaringannya ke suatu daerah tertentu untuk mencari seorang calon downline yang siap untuk menjadi stokis terlebih dahulu.

Sumber: http://vincentstlouis.com/network-marketing-today/

4. Terus menerus mengikuti pelatihan
Bisnis ini dibangun dari pertemuan ke pertemuan. Banyak orang yang mengeluh tidak sukses menjalankan bisnis network marketing. Tapi mereka tidak menyadari bahwa mereka enggan menghadiri pertemuan dan training, ini artinya mereka tidak pernah membangun bisnisnya. Seandainya Anda sudah mendaftarkan diri Anda di sebuah perguruan tinggi, tetapi Anda tidak pernah menghadiri kuliah, mungkinkah Anda menjadi sarjana?
Kunci untuk meraih sukses adalah hadir dalam pertemuan-pertemuan dan training-training yang diadakan oleh upline aktif Anda, secara rutin dan berkala.

5. Tidak Gegabah Memilih "Network Marketing"
Untuk menilai bisnis network marketing, ada 5 hal yang harus diperhatikan:
  1. Profil perusahaan, meliputi visi dan misi dari pemilik perusahaan. Carilah perusahaan yang sudah bertahan lebih dari 15 tahun, karena cenderung stabil dan memiliki status financial yang kuat tak punya hutang serta mendapatkan pengakuan yang dikonfirmasikan oleh badan independen yang qualified.
  2. Produk, baik dari segi kualitas maupun pemesanan ulang/repeat order.
  3. Marketing Plan harus dipelajari secara seksama dan matang. Prinsip suatu bisnis adalah modal minimal dengan hasil yang optimal, bukan binary (kanan-kiri seimbang) dan tidak pyramid. Disamping itu tidak pula membatasi penghasilan dari hasil kerja keras Anda, tanpa memberi batas level/generasi dari perkembangan jaringan di dalam bisnis Anda yang berkaitan dengan penghasilan Anda.
  4. Support System yang menunjang bisnis Anda berkembang pesat, dengan memberikan sistem pelatihan secara berkala dan berkesinambungan, sehingga seorang Network Builder memahami benar berbagai hal yang harus mereka lakukan untuk meraih sukses.
  5. Timing/waktu yang tepat. Anda bergabung di sebuah network marketing bukan hanya di awal saja, tetapi mengambil keputusan yang tepat pada sebuah perusahaan yang jangka panjang/long term dan masih memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda ke banyak negara di seluruh dunia.
Anda tidak perlu jadi penemu, cukup jadi peniru. Ikuti saja langkah-langkah orang-orang yang sudah sukses di bidang ini.

Oleh:
Putri Soerjaatmadja
Sumber:
Syner Magazine - Edisi 1 / Februari 2006

Comments