YU-GI-OH! TRADING CARD GAME YANG MENDUNIA


Bagi kalian yang hobi bermain kartu tapi sudah bosen dengan kartu Remi dan Domino yang permainannya itu-itu saja, jangan khawatir di era sekarang ini permainan kartu sudah tidak hanya kartu Remi dan Domino saja tetapi mulai bermunculan permainan-permainan lainnya yang menggunakan kartu, yaitu Trading Card Game atau bila di bahasa kan menjadi permainan kartu yang bisa diperdagangkan.

Kartu tapi bisa dijual? iya benar, Trading Card Game atau disingkat TCG merupakan permainan kartu yang sangat mengasyikan dan bervariatif serta kartu tersebut bisa kita jual kembali atau kita tukar dengan kartu lain yang bernilai sama. Kartu-kartu TCG mempunyai nilai jual yang berbeda-beda tergantung dari segi Rarity (kelangkaan) atau Effect (Skill) dari kartu tersebut.


10 permainan TCG yang paling Populer saat ini berdasarkan dari watchmojo.com adalah Chaotic, BattleTech, DuelMaster, Vanguard, NetRunner, World of Warcraft, Yu-Gi-Oh!, Vampire: The Entire Struggle, Pokemon, dan Magic: The Gathering.

Saat ini yang kita bahas adalah Yu-Gi-Oh! kenapa? karena TCG yang satu ini merupakan TCG yang paling populer dalam penjualan kartu TCG. Apa itu Yu-Gi-Oh!? Yu-Gi-Oh! yang berarti Raja Permainan berasal dari manga atau komik yang berasal dari Jepang pada tahun 1996 yang dibuat oleh Kazuki Takahashi.

Yu-Gi-Oh! Trading Card Game dipublikasikan oleh Konami pada tahun 1999 dan mendapatkan penghargaan TCG Terlaris di dunia dari Guinness World Records pada 7 Juli 2009. Penjualan Yu-Gi-Oh! mencapai 22 Milyar kartu yang terjual di seluruh dunia pada tanggal 31 Maret 2011

Selain penjualan langsung dari Konami, kartu TCG ini juga dapat dijual lagi dari dan ke sesama pemain Yu-Gi-Oh! (pemain TCG ini familiar disebut Duelist). Harga jual kartu yang Duelist pakai biasa berpatokan pada situs trollandtoad.com

TCG yang satu ini pun juga laris manis di Indonesia, banyak komunitas-komunitas yang terbentuk dari perkumpulan pemain Yu-Gi-Oh! ini. Tempat Komunitas terbesar di Indonesia untuk TCG ini bertempat di Jakarta tepatnya di Mall Taman Anggrek dan bernama CNG (Comics and Games). 

Harga dari Kartu Yu-Gi-Oh! ini juga dapat naik dan turun seiring dengan perkembangan Banlist, Banlist disini adalah list kartu yang diperbolehkan untuk dimainkan dalam permainan. Banlist terdapat 3 jenis, yaitu:
  • Forbidden Card      : Kartu yang sama sekali tidak boleh dipakai untuk dimainkan
  • Limited Card          : Kartu yang hanya boleh dipakai satu buah didalam permainan
  • Semi Limited Card : Kartu yang hanya boleh dipakai dua buah didalam permainan
Banlist biasa diupdate sekitar 3 bulan sekali dan ini berlaku untuk seluruh dunia.

Komunitas TCG ini sering membuat Even dan Turnamen setiap tahunnya baik dalam segi lokal maupun internasional, Konami biasa menyelenggarakan Turnamen ini dan hadiahnya pun tidak tanggung-tanggung. Di Indonesia sendiri Turnamen Yu-Gi-Oh! terbesar setiap tahunnya diselenggarakan dan bernama NATS (National Tournament Indonesia).

Ajang Turnamen biasa dimanfaatkan oleh para Duelist untuk saling bertemu baik yang sudah kenal maupun untuk menambah teman baru. Di ajang ini pun para Duelist memanfaatkan untuk saling membeli ataupun menjual kartu yang mereka punya. Ada yang untuk memperkuat Deck nya (Deck adalah kumpulan kartu yang digunakan untuk dimainkan) atau pun hanya untuk sekedar dikoleksi saja.


Di Indonesia sendiri terdapat situs penjualan kartu Yu-Gi-Oh! yang bernama dragonwong.com yang didirikan oleh om Mulyadi yang terkenal sangat ramah dan penulis pun pernah bertemu dengan beliau disaat penulis datang ke CNG untuk membeli kartu dan beliau pun sempat membeli kartu penulis yaitu Ultimate Ancient Gear Golem (Ultimate Rare).

Di dalam TCG ini juga terdapat Game berbasis online untuk mengenalkan TCG ini ke khalayak ramai seperti YGOPro dan Duel Links. YGOPro dan Duel Links merupakan Game Yu-Gi-Oh! gratis, Duel Links dapat di download di App Store atau pun Play Store tetapi YGOPro tidak tersedia di App Store maupun Play Store karena Game ini merupakan pengembangan dari para fans Yu-Gi-Oh! bukan resmi dari Konami. YGOPro bisa di download di situs nya atau bisa di download di banner Yu-Gi-Oh! di paling bawah dari blog ini.

Di Game YGOPro sendiri dapat dimainkan online maupun offline, Game YGOPro ini sendiri berfungsi untuk percobaan dalam penyusunan strategi Deck karena kartu-kartu nya yang tersedia lengkap sehingga memudahkan Duelist dalam peracikan strategi Duel. Dan bila Duelist telah menemukan Racikan Strategi yang bagus dalam penyusunan Deck nya, Duelist pun dapat menyusun Deck nya dalam Real Life dengan membeli kartu sesuai dengan yang dibutuhkan.

Di dalam TCG ini terdapat tipe Rare kartu yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kelangkaan kartu tersebut, yaitu terdiri dari:
  • Common
  • Rare
  • Super Rare
  • Ultra Rare
  • Ultimate Rare
  • Secret Rare
  • Ghost Rare
  • Gold Rare
  • Gold-Ghost Rare
  • Parallel Rare
Semakin tinggi tingkat Rare dalam sebuah kartu pun semakin mahal harga jualnya.

Untuk mendapatkan kartu-kartu langka atau Rare yang tinggi dengan harga murah Duelist bisa membeli Tin Box Yu-Gi-Oh! tetapi kartu yang didapat random tidak spesifik. Dan bila mendapatkan kartu yang bagus dan rarity yang tinggi Duelist dapat menjualnya kembali dengan modal yang kecil.

Tetapi disini penulis ingatkan kembali, dalam penjualan kartu Yu-Gi-Oh! terdapat etika dalam jual beli, yaitu harga tidak bisa seenaknya dipatok oleh Duelist sendiri karena masing-masing kartu sudah ada nilai jualnya. Duelist biasa berpatokan pada situs trollandtoad.com.

Bagi para pecinta permainan kartu dan baru pertama kali mengenal Yu-Gi-Oh! tidak ada salahnya dalam memilih TCG ini untuk dimainkan. Rules dalam permainan ini pun tidak lah sulit, pemain bisa belajar cara bermain TCG ini di YGOPro karena di game ini rule sudah otomatis sehingga Duelist yang baru belajar akan sangat terbantu dalam pemahaman Game ini. Dan bila ada pertanyaan masalah rules yang Duelist kurang paham, Duelist bisa langsung bertanya di Grup Facebook Paguyuban Juri Nusantara. Selamat bermain Duelist. 

By:
Bhoqist Bhosky





Comments