RAIH KESUKSESAN DENGAN MENCIPTAKAN SEBUAH RENCANA BISNIS

Para Pemula di bisnis jaringan pemasaran kerap bertanya bagaimana untuk memulainya. Pada acara Accelerate Synergy Summit 2008, beberapa saran yang baik diberikan oleh Presiden Synergy - Dan Norman, bagaimana sebuah rencana bisnis dapat membantu meraih kesuksesan.

Pertama, Dan menekankan betapa pentingnya keseriusan terhadap apa yang sedang Anda kerjakan. Perlakukan bisnis Anda sebagai sebuah bisnis, bukan hobi. "Anda berada di bisnis Anda untuk menghasilkan uang." ujar Dan. "Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk memperoleh tinggalan penghasilan di sepanjang hidup Anda. Buatlah bisnis Anda sebagai prioritas Anda dan Anda akan sukses. Itulah langkah terpenting yang dapat Anda ambil."

Unsur penting untuk mencapai sukses adalah menciptakan sebuah rencana bisnis. Setelah Anda membuat rencana tersebut, pastikan Anda mengikuti rencana itu dan melakukan evaluasi atas rencana tersebut saat Anda menjalankannya. "Ada banyak jenis rencana bisnis," kata Dan. "Dan ada beberapa jenis rencana bisnis yang bersifat efektif. Langkah terpenting adalah Anda bisa mendapatkan salah satu rencana bisnis yang paling cocok. Lalu mulailah bekerja. Aktivitas bisnis sejalan dengan pendapatan."

Setiap rencana perlu menggabungkan beberapa cara perekrutan. "Dalam merekrut calon anggota baru mudahnya dengan menyampaikan perihal kisah bisnis jaringan Anda." ujar Dan. "Tujuan dari merekrut calon anggota baru adalah untuk membujuk seseorang datang ke pertemuan, menyimak teknik pembicaraan lewat telepon, atau melihat DVD atau CD."

Pada tahap ini, Anda tidak meminta siapa pun untuk mendaftarkan diri atau membeli produk. Anda hanya membantu agar para calon anggota baru Anda mengerti mengapa bisnis Anda pada saat ini dapat memberikan peluang/prospek terbaik dalam bisnis jaringan pemasaran, dan bagaimana bisnis Anda memiliki kekuatan untuk benar-benar mengubah hidup mereka.

Langkah selanjutnya adalah menindak lanjuti orang-orang yang telah Anda hubungi. "Teleponlah orang-orang ini, buatlah jadwal pertemuan dengan mereka satu per satu atau undang mereka ke pertemuan dengan para calon anggota baru potensial lainnya." ujar Dan. "Buat mereka tau bahwa kesuksesan mereka merupakan hal penting bagi Anda, dan terus sampaikan kepada mereka tentang keuntungan-keuntungan yang akan di dapat dari peluang yang dimiliki bisnis jaringan Anda.

Saat Anda berhasil merekrut anggota baru, jangan biarkan mereka layu sebelum berkembang. Anda harus membantu mereka memperoleh kesuksesan. Melalui pelatihan. "Pelatihan melibatkan banyak aspek, termasuk pertemuan-pertemuan, pembicaraan melalui telepon dan pendidikan." jelas Dan. "Bantu mereka mengembangkan rencana bisnis mereka, dan perkenalkan mereka pada upline mereka yang telah berhasil."

Bagian dari tiap rencana bisnis menggunakan sumber daya yang disediakan dari bisnis jaringan Anda. "Semakin banyak Anda belajar maka Anda akan semakin bijaksana." kata Dan. Bisnis jaringan menawarkan banyak sumber daya yang sangat baik, termasuk layanan pelanggan, situs jaringan baru, teknik pembicaraan melalui telepon, alat-alat penjualan, pertemuan tahunan maupun pertemuan regional."

Saat Anda mengikuti rencana Anda, tanyakan pada diri Anda, "Apakah rencana ini berjalan? Apakah saya membuat kemajuan? Apakah saya menghasilkan uang? Jika tidak, lakukan evaluasi atas apa yang telah Anda kerjakan saat ini. Konsultasikan pada upline Anda dan ikuti saran mereka. Ubahlah apa yang tidak berjalan dan tetap berjalan maju.

Dan mengakhiri presentasinya dengan menekankan akan pentingnya berpikir positif. "Berpikirlah positif dalam setiap aktivitas Anda." katanya. "Hal ini adalah saat-saat yang menantang bagi setiap orang. Namun ada seorang bijak mengatakan Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Apakah Anda berpikir Anda mampu atau Anda tidak mampu, itulah Anda yang sebenarnya."

Sumber: 

Leave a Legacy - Edisi Indonesia / Triwulan Akhir, 2008

Comments