TOMAT UNTUK KESEHATAN

Tomat pada umumnya dapat dikonsumsi baik dimasak ataupun mentah. Tetapi memasak tomat dapat membantu melepaskan kadar lycopene dan aktivitas antioksidan yang lebih tinggi. Di sisi lain, tomat mentah memiliki kadar antioksidan keseluruhan yang sedikit tetapi memiliki lebih banyak vitamin C.

Tomat kaya akan Vitamin A, C, K, B6, Folat, Thiamin dan terutama mengandung Lycopene yang sangat tinggi. Mengkonsumsi Tomat secara teratur diyakini dapat:

  1. Mempertajam penglihatan
  2. Menurunkan Hipertensi
  3. Menjaga kesehatan pencernaan dan ginjal
  4. Memperlancar peredaran darah
  5. Mengurangi Kolesterol
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Mencegah Kanker
  8. Menjaga kesehatan ginjal
  9. Meningkatkan keseimbangan cairan tubuh

Tomat Ceri

Tomat Ceri mempunyai ukuran yang paling kecil di banding tomat lainnya tetapi rasanya sangat manis, berair, lembut dan memiliki rasa yang pekat. Kebanyakan Tomat Ceri berwarna merah tetapi mempunyai variasi keemasan, oranye dan kuning. Tomat Ceri yang mempunyai rasa manis dan tajam dapat dimasak, dipanggang, dijadikan saus, dikeringkan dan bahkan dapat dikonsumsi mentah.

Tomat Beef Rianto

Tomat Rianto atau juga disebut sebagai Tomat Merah Beefsteak karena termasuk kedalam kategori Tomat Beef adalah Raja dari semua Tomat. Memiliki tekstur daging tebal warna merah, besar, padat dan banyak sari nya. Rasa manis segar dan bentuk yang cukup besar membuat Tomat ini ideal untuk di buat sebagai bahan dasar saus dan rasa nya yang tidak terlalu kuat cocok untuk campuran isi Sandwich.

Tomat Indigo

Ditemukan dan diproduksi di Oregon State University. Tomat ini mengandung nutrisi yang sangat banyak dan mengandung antioksidan alami yang ditermukan dalam Blueberry yang dikatakan dapat membantu melawan banyak penyakit. Rasanya tidak semanis Tomat lainnya tetapi memiliki rasa yang lebih gurih. Dipanggang maupun mentah atau sebagai pelengkap Salad sangatlah cocok.

Tomat Heirloom

Tomat Heirloom kaya akan rasa. Menjadikannya salah satu Tomat terbaik yang dapat disajikan di hidangan Anda. Tambahan yang sempurnauntuk Sandwich dan Salad, cocok untuk dipanggang dan disajikan sebagai makanan tambahan dan rasanya pun enak jika dimakan mentah hanya dengan sedikit garam dan minyak Zaitun.

Tomat Orange Truss

Juga disebut sebagai "Tomatoes on The Vines". Tomat-tomat ini dibiarkan pada ranting nya agar terendam dalam nutrisi tanaman sampai benar-benar matang. Tomat Orange Truss ini memiliki rasa segar di kebun, manis, dan berair dengan daging yang kuat dan hangat. Menggunakan Tomat ini sebagai bahan dasar masakan dapat menghasilkan rasa luar biasa untuk Sup Tomat, membuat saus, Selai dan Salad lebih kaya rasa. Dimakan mentahpun tetaplah enak.

Tomat TW (Lokal)

Tomat Lokal ini lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, lalapan atau dikonsumsi dalam keadaan mentah di Indonesia.

Cara Penyimpanan Tomat Segar

Tomat sensitif terhadap dingin sehingga dapat menghambat proses kematangannya, maka simpanlah Tomat dalam suhu ruangan dan terhindar dari sinar Matahari langsung. Tomat dapat bertahan hingga 1 minggu, tergantung tingkat kematangan saat dibeli. Jika Tomat sudah terlalu matang tetapi Anda belum siap untuk mengkonsumsi, simpan Tomat dalam kulkas. Jika Tomat dikeluarkan 30 menit sebelum diolah akan membantu mengembalikan rasa dan kadar airnya secara maksimum. Tomat utuh, Tomat potong dan Saus Tomat harus dibekukan jika masih lama untuk diolah sebagai bahan masakan. Tomat yang dikeringkan di bawah sinar Matahari harus disimpan dalam Kontainer kedap udara, dengan atau tanpa Minyak Zaitun, di tempat kering dan dingin.


Sumber:

The Fresh Food People Magazine - Sep-Okt 2018 / Edisi. 15

Comments