APAKAH ANDA MEMILIKI JIWA SUKSES?

Sukses seseorang memang bermacam-macam jalannya, bahkan tak jarang yang karena faktor keberuntungan. Panduan di bawah ini hanya sebuah wawasan dan berusaha menjawab siapa sebenarnya Anda dan punya jiwa sukseskah Anda.

1. Apakah Anda merasa mudah berkonsentrasi dalam suatu bidang?
a. Tidak sama sekali. saya suka membagi-bagi minat saya.
b. Saya mencoba sangat keras tapi sukar pada saat itu.
c. Ya, saya tidak ada masalah dengan itu.

2. Apakah Anda pernah mendapatkan bahwa pekerjaan Anda berhubungan dengan hobi Anda?
a. Ya, sering.
b. Kadang-kadang.
c. Tidak pernah.



3. Anda berencana berakhir pekan di rumah dengan keluarga, namun tiba-tiba muncul pekerjaan penting pada hari jumat sore. Apa reaksi Anda?
a. Anda mengatakan tunggu sampai rencana akhir pekan Anda selesai.
b. Anda coba mencari orang lain untuk melaksanakan pekerjaan itu untuk Anda.
c. Anda mengorbankan akhir pekan Anda untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

4. Anda pindah kepekerjaan baru dan politeknik lokal mengiklankan kursus yang sangat relevan dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Bagaimana reaksi Anda?
a. Tidak begitu tertarik mengikuti kursus.
b. Hanya ikut kursus jika ditanggung perusahaan.
c. Sangat tertarik untuk ikut kursus walaupun Anda membayar sendiri.

5. Anda merasa kurang sehat di suatu pagi dan merasa terkena flu berat menyerang Anda. Bagaimana Anda bersikap?
a. Menyatakan Anda sakit dan berharap Anda dapat mengatasinya dengan tinggal dirumah sepanjang hari.
b. Pergi ke klinik dan minta opini dokter apakah Anda bisa bekerja.
c. Pergi bekerja dan mengatasinya sepanjang Anda bisa.

6. Seringkah Anda menggerutu tentang tempat anda bekerja pada seorang teman atau keluarga?
a. Sering.
b. Kadang-kadang.
c. Sangat jarang.

7. Dimana Anda melihat diri Anda sendiri dalam lima tahun kedepan?
a. Mungkin melakukan pekerjaan yang sama.
b. Mengharapkan dalam beberapa jenis perusahaan yang lebih baik.
c. Saya sepenuhnya berniat memiliki kemajuan karier saya dalam masa 5 tahun berikut.

8. Anda diminta untuk mengikuti kursus latihan residensial yang berjarak hanya lima mil dari rumah Anda. Apa yang Anda katakan?
a. Saya akan mengikuti kursus, tetapi karena dekat rumah saya tidak akan menginap.
a. Saya akan mengikuti kursus tetapi hanya akan menginap kalau perusahaan memintanya.
c. Saya akan menginap karena saya bagian dari tim, dan saya tidak ingin bersikap sendiri.

9. Apakah Anda marah setiap pagi?
a. Hanya ketika hari kerja.
b. Saya melakukannya sesekali.
c. Sangat jarang. Saya menghargai setiap hari sebagai satu tantangan baru yang sangat menarik.

10. Apakah Anda membicarakan pekerjaan Anda diluar hari kerja?
a. Tidak, saya akan menghentikan sesegera saya bisa pada akhir hari kerja.
b. Saya melakukannya sesekali.
c. Sangat sering.

11. Apakah Anda melakukan pekerjaan yang memang Anda ingin lakukan?
a. Tidak sama sekali.
b. Saya terkadang berpikir saya boleh melakukan sepanjang garis ini.
c. Ya, saya akan melakukannya sesuai dengan apa yang saya rencanakan.

12. Apakah Anda berpikir kecerdasan membawa kepada kesuksesan?
a. Ya, Anda mesti cerdas untuk bisa sukses dalam hidup.
b. Kecerdasan adalah faktor kontributor terbesar.
c. Kecerdasan semata tidak membawa pada kesuksesan.

13. Apakah Anda pikir Anda hendaknya memiliki rapat penilaian 6 bulan dengan atasan?
a. Sesungguhnya tidak perlu, hanya membuang waktu.
b. Ya, meskipun saya sangat khawatir sebelum rapat itu.
c. Ya, itu adalah gagasan yang cemerlang dan peluang besar untuk mendiskusikan aspek-aspek kerja dan karir saya secara detail.

14. Apakah Anda pikir diri Anda kejam?
a. Tidak, saya tidak suka orang yang kejam.
b. Mungkin sedikit.
c. Saya takut hal itu terjadi pada diri saya.

15. Bagaimana perasaan Anda ketika akan diwawancarai?
a. Menakutkan.
b. Barangkali agak gugup.
c. Saya menikmati wawancara, dan merupakan peluang untuk memperlihatkan apa yang saya buat.

Sumber: http://administratorwork.com/

Penilaian

Jika jawaban Anda kebanyakan A
Banyak kerja keras dan komitmen diperlukan jika Anda ingin sukses dalam memilih suatu karier. Tetapi apakah ini yang sebenarnya Anda inginkan dalam hidup? Anda boleh percaya bahwa kebahagiaan adalah lebih penting dalam hidup ketimbang sukses dan sementara itu kebahagiaan bagi sebagian orang merupakan jauh di awang-awang, sedangkan bagi Anda, mungkin Anda memiliki keluarga yang stabil, kerja yang mantap dengan tidak terlalu banyak tanggung jawab dan memiliki gaji bulanan yang teratur. Harus diingat bahwa setiap orang adalah person diri mereka sendiri dan kerap didapat tidak karena kemauan sendiri.

Jika jawaban Anda kebanyakan B
Anda bercita-cita untuk sukses dan memiliki kualitas-kualitas yang diperlukan untuk mencapai ini, tapi barangkali Anda perlu bekerja sedikit keras dengan menanamkan keyakinan diri agar Anda percaya Anda bisa, dan Anda akan sukses. Barangkali kesuksesan adalah sesuatu yang Anda impikan dan sukar didapatkan.

Terserah Anda untuk menerjemahkan impian-impian itu menjadi kenyataan dan bekerja adalah jalan untuk mengubah keraguan. Anda adalah seorang pekerja keras, namun apakah kerja keras ini semata-mata hanya untuk orang lain, dan bukan untuk Anda. Jika iya, kemudian coba untuk mengembangkan kepercayaan kerja keras akan mendapatkan ganjarannya, dan ganjaran itu memerlukan waktu dan menjadi panduan arah Anda. Dengan yakin akan diri sendiri, maka selanjutnya memungkinkan Anda untuk yakin kepada orang lain. Sementara hal ini tidak selalu mudah, namun sesungguhnya mungkin dan telah banyak terbukti.

Jika jawaban Anda kebanyakan C
Kalau Anda sudah tidak sukses, selanjutnya tidak ada lagi keraguan pada hari-hari Anda. Kalau Anda sukses, maka sebenarnya Anda telah mendaki bukit yang tinggi. Anda memiliki semua kualitas yang diperlukan untuk sukses. Misalnya karakter, keuletan, bakat dan imaginasi, dan tidak sedikit ambisi mendorong Anda menuju puncak yang Anda tahu Anda mampu menggapainya. Sepanjang Anda merasa bukan menjadi seorang yang gila kerja atas pengorbanan Anda dan keluarga Anda, dan pada akhirnya kebahagiaan Anda, dan dapat berusaha dengan keseimbangan yang baik, Anda akan sukses mencapai cita-cita yang telah Anda susun baik secara personal, maupun secara kerja.

Sumber:
Bursa Kerja, Edisi 11/12 - 26 Januari 2005

Comments